Kualitas Pendidikan Indonesia di Mata Dunia - Education Blog Indo: Kualitas Pendidikan Indonesia di Mata Dunia

Sabtu, 18 Februari 2017

Kualitas Pendidikan Indonesia di Mata Dunia

Kualitas Pendidikan Indonesia di Mata Dunia

Kualitas Pendidikan Indonesia di Mata Dunia


Kualitas Pendidikan Indonesia di Mata Dunia - Assalamualaikum.wr.wb kali ini kita akan
membahas tentang kualitas pendidikan Indonesia, baiklah yang pertama Masalah yang terjadi
di dunia pendidikan Indonesia bisa dibagi menjadi dua masalah besar. masalah pertama meliputi proses belajar mengajar dan output-nya serta masalah pendukung dari berlajannya sistem
pendidikan Indonesia.

Kondisi ini membuat murid tidak leluasa mengeksplor kemampuan yang dia miliki. Murid hanya mengikuti yang guru inginkan sehingga output yang dihasilkan adalah murid yang tidak memiliki jati diri dan hanya bisa menjadi seorang yang disuruh tanpa bisa menjadi seorang pemimpin yang berkompeten.

Masalah kedua yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah adalah sarana pendukung berjalannya sistem pendidikan di Indonesia. Sarana dan prasarana di seluruh sekolah di Indonesia saat ini masih jauh dari kata layak. Jika pemerintah hanya melihat di kota besar seperti Jakarta, fakta ini tidak akan pernah terungkap. Cobalah melihat kondisi sekolah di pelosok negeri khususnya di wilayah timur Indonesia. Kondisi sarana dan prasarana sekolah masih jauh dari kata baik. Dengan kondisi seperti ini, pemerintah akan sulit mengejar keseragaman kualitas pendidikan di seluruh penjuru wilayah negeri ini. Perbedaan bagai langit dan bumi dari sarana dan prasarana sekolah di kota dan di desa inilah yang menjadi kendala utama cita-cita mulia tersebut.

Kualitas guru yang masih rendah tentunya berdampak pada rendahnya prestasi siswa. Guru yang tidak kompeten di bidangnya, serta rendahnya kesejahteraan guru membuat guru tidak bekerja dengan optimal. Akibatnya murid lah yang menjadi korban. Murid tidak dapat menyerap materi pelajaran dengan baik karena guru tidak dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik. Sehingga proses transfer ilmu tidak terjadi dengan sempurna.

Mungkin sekian bahasan kita pada artikel ini tentang Kualitas Pendidikan Indonesia di Mata Dunia, semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

Artikel Lainnya

0 Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *